Tips Memilih Induk Ikan Koi Bagus dan Cara Pemeliharaannya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang terkenal karena keindahan corak tubuhnya. Ikan Koi banyak dicari dan dikoleksi para pecinta ikan hias. Bila kamu tertarik untuk mengoleksi atau bahkan membudidayakannya, simak informasi cara pemeliharaan induk ikan koi disini.

Tips Memilih Induk Ikan Koi Yang Bagus

Untuk mendapatkan induk ikan koi yang bagus dan berkualitas untuk dipelihara atau dibudidayakan, ikuti tipsnya berikut ini:

  • Pilihlah indukan ikan koi yang telah berumur diatas 2 tahun.
  • Perhatikan bentuk tubuhnya, induk ikan koi yang berkualitas akan memiliki bentuk tubuh yang ideal, bila dilihat dari atas akan tampak seperti torpedo.
  • Perhatikan dengan seksama gaya berenangnya, ikan koi yang bagus punya gaya renang seimbang dan tenang.
  • Pilih induk koi yang punya warna kontras dan cemerlang.
  • Pilih indukan koi yang sehat, lincah dan gesit, tidak diam saja di kolam.
  • Bila kamu ingin mengawinkan induk ikan koi maka pilihlah dari jenis yang sama, misal si jantan dari koi asage maka betina juga harus dari jenis yang sama juga.

Cara Pemeliharaan Induk Ikan Koi Yang benar

Pemeliharaan induk ikan koi dengan baik dan benar akan berpengaruh pada kesehatan dan kualitasnya. Kamu  dapat terapkan cara pemeliharaanya seperti berikut:

  1. Pemilihan Kolam

Banyak pilihan kolam yang bisa kamu gunakan untuk ikan koi seperti kolam terpal, kolam tanah, kolam atau kolam plesteran. Buatlah kolam dengan ukuran 4×5 meter dengan kedalaman kurang lebih 150 cm.

Beri  filter pada saluran air  agar sirkulasi air tetap stabil, kamu juga harus pastikan kolam terkena sinar matahari langsung yang cukup.

  1. Pastikan Kualitas Air Tetap Terjaga

Agar koi – koi yang kamu pelihara selalu sehat kamu harus perhatikan kualitas airnya. Pastikan kualitas air dalam kolam tersebut tetap terjaga. Jangan sampai air kolam keruh yang akan mengakibatkan ikan koi kamu merasa tidak nyaman.

  1. Batasi Jumlah Ikan Koi Dalam Kolam

Jangan terlalu banyak menaruh ikan koi dalam satu kolam karena ini akan membatasi ruang geraknya. Jumlah ikan koi yang tidak sesuai dengan kapasitas kolam akan menghambat pergerakannya.

jual koi nishiki | Jual ikan koi Harga Grosir

  1. Jaga Kadar Keasaman Air Kolam

Kamu harus tetap jaga dan pastikan kadar keasaman kolam berada pada level 6,5 sampai 8,5 agar koi selalu sehat.

  1. Pemberian Pakan

Cara merawat induk ikan koi yang benar selanjutnya adalah dengan memberinya  pakan berupa pelet dengan ukuran 8 mm, misalnya ikan koi yang berusia diatas 2 tahun telah memiliki ukuran minimalnya 60 cm.

Maka kamu bisa berikan pakan sekitar 3 hingga 5 persen dari berat tubuhnya dalam sehari, dengan frekuensi pemberian 2 sampai 4 kali sehari.

Nah, begitulah tips pilih induk ikan koi dan cara perawatannya yang baik dan benar agar selalu sehat dan menghasilkan koi – koi yang berkualitas, bila kamu ingin membudidayakannya. Kamu bisa dapatkan koi-koi tersebut di Duta Koi, pusat penjualan ikan koi super dengan kualitas nomor satu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *