Ini 6 Tips Memilih Bibit Ikan Koi yang Berkualitas Jempolan

Salah satu tahapan paling dasar dalam budidaya ikan koi adalah memilih bibit yang akan dikembang biakan. Pemilihan bibit ikan koi ini, meski terkesan sederhana, sebaiknya Anda lakukan dengan baik.

Tips Memilih Bibit Ikan Koi

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menentukan bibit yang bagus untuk Anda miliki? Jika belum, Anda bisa tuntaskan membaca tulisan ini hingga selesai.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan!

  1. Cari Tahu Asal-Usulnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika menjumpai bibit ikan koi terdekat, adalah memastikan asal-usul indukannya. Pastikan asal-usulnya jelas dan menunjukan kualitas.

Hal ini karena keturunannya kelak juga pasti akan dipengaruhi oleh garis keturunan leluhur bibit yang Anda beli. Sukur-sukur jika Anda dapat bibit yang keturunan juara kontes, kecantikan dan kualitasnya tak perlu diragukan.

  1. Perhatikan Keseimbangan Pola Tubuhnya

Salah satu keunikan ikan koi ada pada pola warna di tubuhnya. Anda juga bisa mengecek bagus atau tidaknya bibit ikan ini dari keseimbangan dari pola-pola yang menggurat di tubuhnya.

Coba perhatikan bagian punggung, ekor, termasuk kepala. Pastikan polanya tampak seimbang dan tak ada yang besar sebelah. Semakin seimbang, maka semakin bagus.

peternak ikan koi | Jual ikan koi Harga Grosir

  1. Perhatikan Warnanya

 

Ikan koi yang bagus untuk dijadikan bibit, memiliki warna yang terang dan kelihatan segar. Kesan ini harus Anda dapatkan sebelum memutuskan membeli.

Sebaliknya, warna yang cenderung kusam serta tampak pucat, lebih menandakan ikannya kurang prima. Tentu mudah sekali untuk menyimpulkan masalah warna ini.

  1. Perhatikan Kepalanya

Sebelum memutuskan membeli dari orang yang jual bibit ikan koi terdekat, Anda juga perlu perhatikan bagian kepala koi. Jangan sampai membeli yang cacat.

Koi yang bagus memiliki hidung yang ukurannya normal, serta ada keserasian di antara mulut, rahang, serta matanya. Walhasil, ketika dilihat juga tampak cantik.

  1. Perhatikan Garis Punggungnya

Koi yang bagus, memiliki garis punggung yang tampak lurus. Selain itu, ketika bergerak dan meliuk di kolam, liukannya juga tampak wajar. Tidak terlalu melengkung sehingga tampak aneh.

  1. Perhatikan Sirip yang Dimilikinya

Terakhir, jangan sampai Anda membeli bibit yang siripnya cacat. Akibat faktor tertentu, seperti kurangnya asupan makanan, bisa membuat sirip ikan koi bentuknya kecil dan tak wajar.

Perhatikan bagian sirip mulai dari sirip dada, perut, hingga sirip anal, semuanya tampak normal.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli bibit jenis ikan koi dan harganya.

Memang, menemukan bibit yang bagus itu susah-susah gampang bagi orang yang baru terjun dalam dunia budidaya ikan koi. Namun, untungnya sudah banyak pusat bibit koi yang terpercaya. Salah satunya adalah Duta Koi.

Anda bisa membeli bibit ikan koi pilihan yang sudah terjamin kualitasnya di Duta Koi. Dengan sistem online, Anda juga bisa berkonsultasi dan bertanya dengan leluasa, sehingga menemukan bibit terbaik. Yuk, mulai budidaya dari sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *