Ini 4 Ciri Kualitas Air yang Bagus untuk Ternak Ikan Koi

Anda sedang memulai langkah untuk ternak ikan koi?

Sebelum melangkah terlalu jauh, sebaiknya Anda pahami dulu kualitas air yang bagus untuk pertumbuhan ikan koi per bulan hingga tahun. Pemahaman tentang hal ini sangat penting Anda kuasai.

Dengan memahaminya, Anda bisa meminimalisir resiko gagal dan meningkatkan peluang berhasil. Pasti menyenangkan kan jika budidaya ikan koi sukses dan menghasilkan?

Nah, berikut ini ciri air yang berkualitas untuk ikan koi berdasarkan beberapa faktor. Anda perlu memastikan dan menjaga kualitas ini untuk kesuksesan ternak koi.

  1. Tingkat Keasaman

Untuk menjaga ikan koi tetap hidup dan berkembang biak, Anda perlu memastikan bahwa level asam pada air tidak lebih dari angka 7,9. Jika lebih dari itu, ada potensi koi yang tinggal dalam kolam akan stres. Walhasil, pertumbuhannya jadi terganggu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan level keasaman atau pH adalah dengan memberikan cuka atau gambut pada kolam.

  1. Suhu Air

Selain keasaman, suhu air dalam kolam juga perlu Anda perhatikan dengan bair. Patut diketahui, ikan koi akan tetap dalam kondisi yang bugar jika suhu air ada dalam kategori hangat. Kira-kira berkisar 18o hingga 30o celcius.

Terlalu panas sama tidak baiknya dengan terlalu dingin. Oleh karena itu, ketika membangun kolamnya, Anda juga perlu menyesuaikan dengan posisi sinar matahari.

  1. Kadar Amonia

Ikan dalam kolam umumnya menghasilkan zat yang bernama amonia. Zat ini dihasilkan dari limbah makanan ikan yang Anda pelihara di dalam kolam. Anda perlu mengatur levelnya agar berada dekat dengan angka 0 ppm.

Untuk mengontrol kadar amonia ini, Anda bisa memberikan semacam probiotik. Biasanya,kadarnya menjadi tinggi karena terlalu banyak diberikan makanan ikan (pelet).

Jika Anda belum tahu cara mengukurnya, Anda perlu memiliki spektrofotometer. Alat ini juga sekaligus untuk mengukur asam nitrat yang juga punya potensi beracun bagi ikan.

harga ikan koi | Jual ikan koi Harga Grosir

  1. Oksigen

Bukan hanya manusia yang membutuhkan oksigen. Ikan juga sama butuhnya, termasuk koi. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan level oksigen terlarut dalam kolam tidak pada titik yang rendah. Biasanya, rendahnya oksigen ditandai ikan koi Anda sering muncul ke permukaan air kolam seperti memburu udara segar.

Ada beberapa solusi yang bisa digunakan agar kadar oksigen ini tetap bagus. Salah satunya dengan memanfaatkan blower udara.

Mudah bukan memahami kualitas air untuk budidaya ikan koi?

Namun sayangnya, air yang bagus saja tidak cukup. Anda perlu bibit koi berkualitas dengan harga ikan koi yang terjangkau. Dengan demikian, koi yang dihasilkan nanti bagus-bagus.

Nah, untuk menyempurnakan usaha ternak ikan koi, Anda bisa temukan bibit koi ini di Duta Koi. Juaranya pusat budidaya ikan koi di Indonesia. Anda bisa konsultasi online juga sampai puas untuk kesuksesan usaha Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *