Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Blitar Bagi Pemula

Sejak beberapa tahun yang lalu ikan koi telah dikenal luas masyarakat dan banyak dibudidayakan. Sebagian orang percaya ikan ini bawa keberuntungan. Bagi kamu yang tertarik untuk membudidayakannya, simak cara membudidayakan ikan koi Blitar di bawah ini.

jual ikan koi kujaku | Jual ikan koi Harga Grosir

  1. Pilih Indukan Yang Sehat dan Berkualitas

Memilih indukan koi yang sehat dan berkualitas menjadi faktor yang penting untuk menghasilkan koi yang baik,  dengan gen koi yang berkualitas nantinya akan menghasilkan anak koi yang berkualitas pula.

Indukan  koi yang sehat dan berkualitas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Usia 2 tahun keatas
  • Memiliki model berenang yang tenang dan seimbang
  • Mempunyai bentuk tubuh yang ideal dengan liukan yang tampak seperti torpedo
  • Memiliki warna yang kontras dan cemerlang
  • Bergerak dengan gesit
  • Memiliki jenis yang sama, misalnya jenis ikan koi blitar jantan adalah kohaku maka betina koi juga harus jenis kohaku juga.
  • Koi jantan maupun koi betina cukup matang buat dikawinkan.
  1. Siapkan Kolam Buat Pemijahan/Kawin

Ada beberapa macam kolam ikan koi Blitar seperti kolam terpal, kolam plesteran, kolam tanah atau juga di akuarium untuk mengawinkan dan membudidayakan ikan koi. Tapi untuk hasil terbaik dan maksimal, sebaiknya kamu gunakan kolam plesteran.

Sinar matahari harus mengenai langsung ke kolam serta punya saluran air untuk tempat keluar dan masuknya air, sehingga sirkulasinya tetap terjaga. Pasang saringan air yang halus di saluran air agar nantinya anakan koi tidak akan  ikut hanyut terbawa air.

  1. Tahap Pemijahan

Bila kolam sudah siap maka selanjutnya adalah masa pemijahan, masa inilah yang paling penting karena menentukan keberhasilan tidaknya membudidayakan ikan koi Blitar.

Untuk meminimalisir kegagalan sebaiknya kamu sediakan 3 sampai 5 ekor, untuk antisipasi pejantan yang sakit. Pertama masukan indukan betina pada sore hari jam 4, dan biarkan ia beradaptasi dengan tempat baru selama 3 hingga 5 jam. Setelah itu barulah kamu masukan induk koi jantan.

Masa pemijahan biasanya akan berlangsung saat malam hari, saat induk koi betina  berenang maka induk jantan akan mengikutinya sambil sesekali badannya  ia tempelkan pada si betina. Berikut proses pemijahan yang harus kamu perhatikan:

  • Awalnya betina mengeluarkan telur yang diikuti koi jantan mengeluarkan spermanya. Selanjutnya telur yang dibuahi akan menempel pada tanaman yang ada di kolam tersebut dan masa kawin akan selesai pagi hari.
  • Segera induk koi kamu ambil dari kolam dari pemijahan, hal ini untuk mencegah kemungkinan induk memangsa telurnya sendiri.
  • Untuk menetaskan telur yang sudah dibuahi, suhu air antara 27 sampai 30 derajat celcius.
  • Telur akan menetas sekitar 48 jam setelah dibuahi, jangan langsung diberi pakan karena telur yang masih baru menetas masih menyimpan makanan untuk beberapa hari.
  • Setelah hari ke 5 barulah kamu berikan makanan berupa kutu air yang disaring. Setelah panjangnya mencapai 1,5 cm kamu bisa ganti pakannya dengan cacing sutra, hingga usianya 3 minggu.

Begitulah cara mudah budidaya ikan koi Blitar. Agar menghasilkan koi yang berkualitas, Anda bisa membeli indukan yang sehat dan berkualitas di Duta Koi.  Tempat ini menyediakan bermacam-macam ikan koi super yang terbaik dan berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *