4 Tips Memelihara Bibit Ikan Koi hingga Besar dan Sehat

Anda sudah memutuskan membeli bibit ikan koi?

Langkah selanjutnya, Anda perlu memeliharanya hingga besar dan bahkan bisa berkembang biak. Jangan sampai bibit yang Anda beli terbuang sia-sia karena karena kelalaian Anda. Meski harga ikan koi kecil ini mungkin tak terlalu mahal, namun membiarkannya sakit atau mati jelas merupakan kebodohan.

Oleh karena itu, Anda harus menerapkan upaya-upaya tertentu untuk membuatnya tetap sehat dan terus membesar. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tips-tips yang bisa Anda aplikasikan. Berikut penjelasannya.

  1. Pastikan Koi Tinggal di Kolam dengan Ukuran yang Pas

Hal pertama yang perlu dikondisikan adalah kolam. Sebelum membeli bibit, pastikan kolamnya sudah disiapkan ya? Namun, pastikan membuat kolamnya tidak sembarangan.

Kolam yang baik adalah kolam yang punya kedalaman hingga 1 meter. Jika tidak memungkinkan, minimal 50 centimeter sudah bisa dikatakan cukup. Pastikan juga cukup luas untuk membuat koi bisa meliuk-liuk dengan leluasa.

  1. Pastikan Air dalam Kolam Berkualitas

Meskipun ukuran kolam sudah oke, jika airnya jelek menjadi tiada artinya. Ada beberapa hal yang harus dijaga dari air yang ada di kolam. Mulai dari suhu air, tingkat asam, kadar oksigen larut, hingga kandungan limbah amonia.

Untuk itu, Anda harus pastikan posisi kolam cukup teduh, punya filter yang baik, serta secara berkala mengecek kualitas airnya. Jika bibit koi yang Anda pelihara di kolam yang airnya buruk, ia bisa stres bahkan mati.

  1. Pastikan tidak Kekurangan Nutrisi

Sama dengan manusia, ikan yang Anda dapat dari orang yang jual ikan koi terdekat juga butuh yang namanya nutrisi. Asupan makanan yang oke akan membuat ikan yang semula kecil ini bisa tumbuh dengan optimal.

Makanya, berikanlah pelet ikan yang berkualitas. Untuk menunjangnya, Anda juga bisa melengkapi kolam dengan tanaman air.

Keberadaan tanaman dalam kolam bisa menjadi tambahan nutrisi yang organik bagi ikan koi. Oh ya, untuk suplemen, Anda juga memberinya udang kecil, wortel, hingga selada.

peternak ikan koi | Jual ikan koi Harga Grosir

  1. Pastikan Dikuras secara Berkala

Ikan koi bukan ikan yang bisa hidup di sembarang air. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan airnya tetap bersih dan terjaga dari senyawa-senyawa yang bisa menghambat pertumbuhannya.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan menguras kolam dengan melakukan pembersihan terhadap dasar kolam. Kebersihan tempat tinggal sangat berpengaruh pada kesehatan koi.

Nah, itulah tips yang bisa Anda laksanakan agar bibit yang sudah dibeli bisa tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Jika Anda merasa bibit yang sudah Anda miliki tampak kurang bagus, Anda bisa beli bibit baru di toko yang jual bibit ikan koi terdekat. Salah satunya adalah Duta Koi.

Dengan kepastian kualitas dan sistem pemesanan online, tentu saja ini mempermudah Anda mendapatkan bibit ikan koi terbaik. Hubungi dan konsultasi langsung jika masih ragu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *